10 Tren Desain Rumah Elegan dan Mewah Tahun 2022


Rumah idaman merupakan rumah yang membuat nyaman pemiliknya. Kenyamanan tersebut dapat diukur dari rumah yang dapat ditinggali dan diatur dengan bebas oleh pemiliknya.

Pengaturan rumah tentu melibatkan penyusunan ruangan, tata letak perabot, hingga mendesain rumah. Terkhusus dalam mendesain rumah tidak hanya keharusan tetapi menjadi sebuah kesenangan bagi pemilik rumah dalam melakukannya.

Terlebih di zaman sekarang, pemilik rumah lebih banyak mengekspresikan kepribadian mereka dalam desain rumah mereka. Bahkan banyak yang mengatakan dengan mendesain rumah mereka dapat menuangkan segala penat maupun kreativitas mereka. 

Desain rumah semakin personal. Lebih banyak pemilik rumah menggunakan rumah mereka untuk memamerkan individualitas mereka, menurut pakar desain rumah di The Plan Collection, sebuah perusahaan desain rumah online.

Selain itu menurut sumber yang sama, belakangan ini orang-orang semakin menginginkan rumah mereka menjadi nyaman dan membuat mereka betah dengan suasana hingga desain rumah yang sesuai selera mereka. Suasana hingga desain interior atau arsitektur rumah menjadi ajang mereka dapat mengaktualisasi diri hingga mengekspresikan kepribadian dan selera individu.

Perkembangan ini juga disebabkan kesibukan dunia pekerjaan yang semakin menjadi-jadi dari hari ke hari. Termasuk pandemi virus corona yang semakin membuat orang tidak bisa mencari liburan di luar lingkungannya. Hal ini akhirnya berujung pada trend pemilik rumah yang membawa segala penat ke dalam mendesain rumah mereka karena tidak ada yang bisa bepergian.

Nah, untuk kamu yang sedang atau akan melakukan aktivitas di atas, berikut aku rekomendasikan beberapa tren desain rumah yang akan bersinar di tahun baru. 

1. Kayu keras berpola

Pertama-tama ada desain dengan kayu keras berpola. Desain ini sebenarnya sudah menjadi sangat umum di rumah-rumah yang dibangun desainer modern.  Desain ini termasuk desain favorit aku yang menggunakan jenis kayu dengan tatanan dua bentuk, pola, atau bahkan warna yang berbeda.  Nyatanya, banyak juga sekarang yang ingin merenovasi rumah dengan ide desain ini. Mereka berharap untuk melihat lantai kayu keras yang lebih indah dan ringan, yang akan menutupi seluruh ruangan atau hanya sebagian ruangan.

Patterned Hardwoods

2. Dapur penuh warna

Kedua. aku ingin merekomendasikan desain dapur penuh warna. Biasanya.dapur dan meja serba putih seperti rumah pada umumnya  akan ,membuat pemilik rumah bosan dan merasa tidak bisa mengekspresikan diri. Aku juga jika menjadi pemilik rumah pasti ingin menambahkan beberapa bumbu ke dalam desain rumah yang serba putih.  Tambahan bumbu tersebut mungkin dengan banyak lemari kayu atau pintu lemari yang dicat dengan warna hangat atau netral, serta meja yang menampilkan bahan alternatif. Misalnya, lebih banyak dapur mungkin menampilkan bahan campuran, seperti meja granit yang dipasangkan dengan pulau kayu keras.

Colorful Kitchen

3. Aksen hitam

Selanjutnya ada ide desain yang juga semakin populer tahun 2022. Terlebih untuk para pria yang ingin desain maskulin, ini akan sangat digemari. Aku sendiri sangat merekomendasikannya karena terlihat lebih elegan dan simpel, namun tetap indah dan dapat membuat kamu mengekspresikan diri, Bingkai jendela hitam interior dan eksterior, pintu masuk berpernis hitam, dan peralatan hitam mengkilap diperkirakan akan semakin populer pada tahun 2022.

Black Accents

4. Biophilic desain

Berikutnya ada desain dengan nuansa alam bergerak di dalam rumah. Desain ini sudah pasti sangat digemari pemilik rumah yang juga sangat mencintai alam. Rumah yang menerapkan hal ini biasanya menganut prinsip yang sering disebut “desain biofilia”, yang mencakup lebih banyak bahan organik di seluruh interior dan memaksimalkan sinar matahari, udara segar, tanaman, dan elemen alami lainnya di dalam rumah.

 Desain ini tidak berarti kita harus memasukkan pohon dan berbagai tanaman dalam rumah. Cukup ornamen dan berbagai pernik alam saja sudah dapat memberikan nuansa alam yang bergerak. Jika bingung konsultasikan saja dengan para desainer dan mereka pasti dapat memberikan banyak ide yang memuaskan,

Living Space

5. Desain Maximalisme

Desain rumah berikutnya yang aku rekomendasikan ialah desain dengan barang antik yang disebut maximialisemua. “Sementara persediaan furniture baru berkurang, permintaan akan barang antik berkualitas tinggi dan kitsch akan sangat diminati,” kata desainer. “Sementara orang-orang jarang bepergian, mereka memiliki lebih banyak pendapatan yang dapat dibelanjakan, jadi ekspresi kepribadian yang kreatif menanamkan desain interior. Perabotan, permadani, seni, dan cat mencerminkan tujuan perjalanan masa lalu atau lokasi impian masa depan yang membawa pulang ide ini.”

Maximalism
Maximalism

6. Desain Lengkung 

Selanjutnya ada desain yang juga aku rasa cukup unik. Desain yang melawan “sindrom garis lurus” beberapa tahun terakhir juga sangat digemari, kata para desainer. Berharap untuk melihat lebih banyak bukaan lengkung, langit-langit kubah barel, dan furniture melengkung. Hal ini bisa dibilang wujud kebosanan orang-orang melihat bangunan yang lurus-lurus saja. Jika tidak percaya, coba berjalan di apartemen yang seluruhnya serba lurus, kemudian kamu pindah ke perumahan yang baru dibangun dengan lebih banyak jendela dan pintu melengkung serta langit-langit melengkung atau dek dan jalan setapak melengkung bagaimana perasaanmu? Akan lebih menyenangkan bukan? 

Curved Buildings

7. Desain Atap

Rekomendasi aku berikutnya terletak pada desain untuk furniture rumah yaitu pada atapnya. Penggunaan jenis atap dapat merubah desain rumah menjadi lebih berkarakter. Terkhusus, untuk desain dengan atap logam dikenal ramah lingkungan dan tahan lama. Dan tentu saja rumah kamu akan terlihat lebih bergaya dan futuristik. Kamu juga bisa memilih lebih banyak logam ditambahkan ke eksterior rumah. Entah itu sebagai atap secara keseluruhan atau sebagai aksen di atap teras atau atap tenda di atas jendela Atap logam tahan lama dan bertahan selama 40 hingga 70 tahun, dilansir dari The Plan Collection.

Metal Roof

8. Desain kamar mandi dengan marmer

Rekomendasi kali ini umumnya diterapkan di kamar mandi. Tetapi jika kamu ingin berkreasi lebih, kamu dapat melakukannya di ruangan lain. Salah satu rekomendasi aku adalah menggabungkan marmer Calacatta di dinding, lantai, dan meja untuk menciptakan ilusi lebih banyak ruang dan menjaga skema tetap ringan dan harmonis, serta membangkitkan perasaan mewah.

Lemari obat bercermin memantulkan cahaya ke sekeliling ruangan dan menyediakan ruang penyimpanan tambahan untuk unit rias.

9. Wallpaper cerah

Rekomendasi berikutnya dapat dilakukan di berbagai kamar atau ruang tamu dan lainnya. Di kamar anak perempuan, kamu bisa memasangkan wallpaper pink cerah untuk latar belakang yang berkesan, memadukannya dengan selimut kotak-kotak berwarna cerah dan kap lampu pompom yang dipangkas. Seorang gadis menginginkan pirus dan gadis-gadis lain menginginkan merah muda – jadi dengan informasi itu kami mengambilnya dari sana. Kita harus bermain-main dan unik di setiap ruangan, ungkap seorang pemilik rumah yang selesai memasang desain di kamar anaknya. Jika ingin memasang di kamar anak pria, kamu bisa pasangkan wallpaper warna biru atau hijau cerah. Intinya kamu bebas berkreasi sambil mempertimbangkan keinginan anak.

10. Desain dengan Kemewahan Luar Ruangan

Rekomendasi terakhir adalah desain yang seharusnya selalu dilakukan jika pemilik rumah amat mencintai tempat tinggal nya tersebut. Desain yang membutuhkan usaha tambahan karena beroperasi di luar rumah. Pada intinya pemilik rumah merapikan ruang luar mereka dan menjadikannya perpanjangan dari rumah mereka. Mereka menambahkan ruang tamu luar ruangan dengan televisi dan perapian serta kolam renang kelas atas. 

Itulah beberapa rekomendasi desain yang banyak digemari tahun 2022. Jadikan mendesain rumah sebagai aktivitas yang menyenangkan bukan karena terpaksa. Pertimbangkan juga pendapat orang-orang terkasih yang tinggal bersamamu. Selamat berkreasi!